Tips Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal, Bisa Untung Besar Jika Taat Asas Dilakukan

memulai bisnis online

Selain modal yang kecil, bisnis ini bisa dilakukan juga sebagai usaha sampingan, atau dengan kata lain bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan status Anda sebagai karyawan kantor. Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk yang ingin dijual pada akun media sosial pribadi Anda, seperti Facebook contohnya. Akun Facebook yang sudah Anda miliki selama ini, dengan koneksi teman-teman Anda di dalamnya, bisa dijadikan sebagai lapak berdagang. Tampilkan gambar produk yang akan dijual beserta dengan harga dan nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan. Selain Facebook, media sosial seperti Twitter dan Instagram juga bisa dijadikan pilihan untuk menawarkan produk. Semakin mudahnya teknologi saat ini dan perkembangan sosial media yang pesat membuat banyak orang semakin tertarik untuk memulai bisnis online.

Anda bisa mempelajari teknik ini melalui berbagai artikel atau video yang sudah tersedia di internet. Tinggal masukkan kata kunci yang Anda butuhkan, maka Anda bisa mendapatkannya. Selanjutnya adalah masalah iklan yang perlu juga untuk dibahas. Membuat iklan adalah sesuatu hal yang sangat vital dalam bisnis. Pemasaran bisnis ini bisa dilakukan di website dan sosial media yang telah dibuat. Dalam membuat sebuah konten iklan di dalam sosial media dan website bedakanlah jenis iklannya.

Hanya butuh ketekunan dan keahlian dalam memasarkan produk. Alur kerjanya adalah ketika seseorang memesan produk dari toko Anda, kemudian pesanan tersebut diproses ke pihak supplier. Supplier inilah yang akan langsung mengirimkan barang tersebut atas nama toko Anda. Untuk skala kecil, lebih banyak juga yang mengenal sistem ini sebagai reseller. Keuntungan lain dari menjalankan sistem dropship ini adalah nyaris tidak butuh modal untuk memulainya, tidak butuh stok, dan bisa dilakukan dari mana saja selama ada akses internet. Namun di balik itu semua, masih ada beberapa kelemahan dari sistem ini yang perlu diketahui oleh calon dropshipper sebelum terjun ke bisnis tersebut.

memulai bisnis online

Dahulu, jika ingin memulai bisnis punya anggapan bahwa harus menyiapkan modal yang besar dari harus menyita waktu, menyewa tempat, membuat produk dan banyak lainnya. Penerapan teknik SEO juga berkaitan dengan kata kunci, judul, juga konten yang dibuat dengan mengikuti kaidah SEO yang seharusnya.

Website adalah salah satu hal yang tidak bisa ditinggalkan untuk membuat sebuah bisnis online. Banyak pengguna internet sekarang memanfaatkan website untuk menggali informasi tentang barang yang mereka beli, tentu hal ini peluang segar bagi pelaku bisnis online. Agar bisnis mereka lebih mudah dikenal oleh pelanggan mereka. Selain itu, sosial media juga memerankan peran penting dalam membangun sebuah bisnis online. Sosial media bisa dijadikan gerbang penghubung antara penjual dan pembeli. Sosial media juga bisa digunakan untuk pusat informasi dan kampanye iklan.

Kelemahan itu antara lain adalah margin keuntungan lebih kecil karena sudah melewati beberapa agen pemasar alias bukan ke tangan produsen langsung. Lalu kelemahan lainnya adalah tidak bertemu langsung dengan barang yang kita jual membuat kita tidak bisa melakukan pemeriksaan stok dan kualitas barang. Apabila Anda menginginkan bisnis dengan modal minim, maka model bisnis toko online merupakan salah satu yang paling bisa diandalkan.

Freelance writer atau penulis lepas bisa dibilang bisnis yang cukup populer. Dari puluhan juta situs yang ada di internet, semuanya pasti membutuhkan tulisan/artikel untuk membuat website tersebut gemuk dan dapat membuatnya mudah ditemukan oleh search engine. Tulisan yang berkualitas mengenai informasi produk maupun jasa yang ditawarkan menentukan reputasi website. Kemudian, yang lebih menarik adalah tidak semua orang mampu membuat artikel berkualitas. Di sinilah peluang bisnis muncul dan bisa dimaksimalkan jika memang menulis adalah keahlian Anda.