Satgas Minta Masyarakat Waspada Penularan Covid-19 pada Saat Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengingatkan untuk tetap waspada penularan Covid 19 pada libur Idul Fitri 2022. Pasalnya berkaca pada kasus sebelumnya, libur panjang menyebabkan lonjakan Covid 19. "Berkaca pada pengalaman kenaikan kasus yang telah beberapa kali kita hadapi pasca periode libur panjang, saya ingin kembali mengingatkan bahwa kita masih perlu untuk tetap waspada dengan senantiasa menegakkan disiplin protokol kesehatan, dalam setiap aktivitas yang kita jalani," kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, (19/4/2022).

Wiku mengatakan terdapat beberapa hal yang menjadi dasar kehati hatian dalam menjalani libur panjang Idul Fitri 2022. Pertama yakni kegiatan silaturahmi yang dilakukan pada periode Idul Fitri yang akan datang, banyak melibatkan interaksi dengan kelompok rentan seperti lansia anak anak dan penderita komorbid. "Kedua resiko terpapar virus menjadi lebih besar bagi masyarakat yang baru saja melalui perjalanan jarak jauh serta mengunjungi fasilitas umum dengan kepadatan tinggi," katanya.

Ketiga, kata Wiku keberadaan kasus tanpa gejala berpotensi menjadi sumber penularan. Keempat, pemerintah tidak melakukan pembatasan mobilitas pada libur Idul Fitri 2022, sehingga berpotensi meningkatkan mobilitas masyarakat. "Mari kita cegah agar jangan sampai kita terpapar sama sekali dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan mudik aman jangan bawa virus pulang," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *