Sambil Nonton MotoGP, Kunjungi 6 Destinasi Wisata yang Memukau di Mandalika yuk!

Mandalika tengah jadi sorotan internasional. Bagaimana tidak? Event balap akbar MotoGP 2022 bakal digelar di kawasan wisata primadona yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tersebut pada 18 20 Maret 2022. MotoGP 2022 dihelat di yang dikategorikan sebagai salah satu sirkuit tercantik di dunia dalam unggahan di media sosial MotoGP, Sabtu (12/2/2022) lalu. Digelarnya event olahraga kelas internasional tersebut memancing antusiasme tinggi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tiket premium yang telah terjual ludes pada Januari lalu.

Di sisi lain, Mandalika memang terkenal akan pesona alamnya. Bahkan, para pembalap MotoGP pun terpukau dengan Mandalika. Pembalap Suzuki Alex Rins, misalnya, dengan bangga mengunggah gambarnya saat sedang bersantai di pantai berpasir putih sambil menenteng kelapa muda. Mandalika sendiri masuk ke dalam 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang fokus dkembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk meningkatkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Nah, bagi kamu yang sedang rencanakan liburan di awal tahun 2022, saatnya jelajahi ragam pesona #DiIndonesiaAja dengan mengunjungi destinasi destinasi baru. Mandalika tentu bisa masuk ke dalam bucket list mu. Terlebih, sangat layak dieksplorasi setidaknya sekali seumur hidup!

Sebagai rekomendasi, berikut 6 destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Mandalika, sekaligus aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Keenam destinasi wisata ini semuanya berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Untuk rekomendasi destinasi wisata lainnya di Mandalika, ikuti akun dan . Ingin menikmati cantiknya Mandalika dari ketinggian? Bukit Merese siap suguhkan lanskap eksotis dengan rumput hijau yang memenuhi permukaannya! Disini kamu bisa trekking atau jalan santai mengitari hamparan rumput yang luas sambil nikmati lautan biru di sekelilingmu.

Bukit yang terletak di Kecamatan Pujut ini juga bisa jadi spot yang pas untuk lihat matahari terbit atau terbenam. Perpaduan rumput hijau, lautan biru, dan matahari senja tentu akan jadi foto yang memukau dan instagenic , kan? Pemandangan Sirkuit Mandalika sangatlah indah, terlebih karena berlatar belakang pantai biru dan pegunungan yang asri. Sirkuit ini telah jadi arena balap kelas dunia dengan panjang 4,32 kilometer, 17 tikungan, dan kapasitas 195 ribu penonton. Beruntungnya, wisatawan dapat menyaksikan megahnya Sirkuit Mandalika dari atas Bukit Seger. Bukit ini menawarkan suasana yang menyegarkan pandangan; sesuai dengan namanya! Kamu bisa berjalan kaki seraya menyaksikan deretan wisata di sekitar sirkuit atau berburu sunset di puncaknya.

Tak hanya atraksi alamnya saja yang wajib dikunjungi, kamu juga bisa menjajal wisata budaya di sekitar Mandalika, tepatnya di Desa Wisata Sade dan Ende yang terletak di Rembitan, Kecamatan Pujut. Di Sade dan Ende, wisatawan dapat menyaksikan langsung tradisi budaya dari Suku Sasak, suku asli Nusa Tenggara Barat. Kenali lebih dekat tentang rumah adat Sasak, musik dan tarian tradisional, hingga cara hidup masyarakat Sasak. Tak hanya itu, kamu juga bisa #BeliKreatifLokal , serta kuliner khas Lombok.

Sekitar 850 meter dari Bukit Seger, jelajahi Pantai Seger yang menyuguhkan suasana damai dengan bukit bukit hijau yang asri. Yang paling menarik, pantai ini memiliki gulungan ombak sempurna berpadu deretan batu karang yang memanjakan mata. Inilah mengapa Pantai Seger sangat cocok untuk berselancar. Oh ya, meski memiliki ombak yang cocok untuk uji adrenalin, kamu harus tetap hati hati ya! Sebab, Pantai Seger adalah salah satu pantai dengan ombak tinggi dan arus yang lumayan kuat.

Satu alasan mengapa Mandalika jadi destinasi super prioritas adalah berkat kehadiran . Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Berbeda dengan Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan adalah destinasi yang pas untuk rileks seharian. Airnya yang jernih dengan hamparan pasir putih dikelilingi bukit hijau menjadikan Pantai Tanjung Aan sebagai salah satu pantai eksotis di Indonesia. Yang membuatnya unik, pasir di pantai ini tercipta dari fosil fosil karang yang hancur, sehingga kaki serasa melangkah di atas butiran butiran merica.

Ingin manjakan diri di Mandalika? Rasakan pengalaman menginap di Mana Yoga Retreat! Seusai lelah menjelajahi tiap spot primadona di Mandalika, kamu bisa nikmati retret kesehatan yang bikin tubuh bugar dan pikiran rileks. Terdapat beragam fasilitas yang akan mendukung aktivitas me time kamu, mulai dari kelas yoga, spa, bioskop, restoran vegetarian, hingga cabana . Untuk rekomendasi resort dan hotel lainnya, kamu juga bisa mengunjungi Jivana Resort dan Lavella Villas.

Nah, itulah enam destinasi wisata di yang bisa dikunjungi untuk liburan di awal tahun ini. Atau, jika kamu hendak menyaksikan MotoGP 2022 kelak, kamu bisa mampir untuk rekreasi ke destinasi wisata di atas. Selain menciptakan kenangan liburan baru di tahun 2022, mengunjungi destinasi wisata alam #WonderfulIndonesia di salah satu DPSP juga merupakan upaya untuk tingkatkan aktivitas parekraf di wilayah setempat, sehingga roda perekonomian masyarakat kembali berputar. Di saat yang bersamaan, digelarnya MotoGP Mandalika 2022 juga merupakan upaya pemerintah untuk kembali meningkatkan kunjungan wisata ke Mandalika, Lombok, sekaligus untuk menggerakan aktivitas ekonomi masyarakat setempat, seperti @BeliKreatifLokal dan kuliner lokal Mandalika dan sekitarnya.

Selain bertujuan memenuhi kebutuhan akomodasi para wisatawan, langkah ini juga untuk menggerakkan ekonomi masyarakat setempat, khususnya di Pulau Lombok serta Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. "Karena ini ada arahan dari Presiden melibatkan pariwisata yang berkeadilan, jadi pengelola homestay ini juga dibantu mempersiapkan tempat penginapan, khususnya di desa desa wisata," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (7/1/2022). Dengan begitu, tambah Sandiaga, MotoGP Mandalika 2022 juga bisa menjadi ajang promosi desa wisata, sehingga masyarakat NTB turut dapat bangkit dari pandemi.

Yuk, jelajahi Mandalika dan saksikan langsung betapa surgawinya pesona wisata di sana! Seraya menyusun itinerary , tetap terapkan dan lengkapi vaksinasi untuk cegah penularan Covid 19 di sekitar kita ya! Sehingga berlibur ke destinasi #WonderfulIndonesia selama pandemi akan lebih aman dan nyaman. Jika ingin dapat hadiah spesial sembari menanti rencana liburanmu terwujud, yuk ikutan Kuis PUKIS! Jawab kuisnya dan menangkan hadiahnya. Kuis PUKIS akan memberikan pertanyaan yang berbeda setiap hari Selasa, dan untuk berpartisipasi, kamu cukup mem follow akun Instagram like postingan PUKIS, kemudian menjawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 teman di caption jawabanmu.

Jangan lupa untuk #BeliKreatifLokal untuk membantu kebangkitan ekonomi nasional, yakni dengan belanja produk lokal serta membeli kuliner di restoran khas daerah di sekitarmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.