Kementerian PPPA Jelaskan Perbedaan Women20 dan G20 Empower

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) menjelaskan perbedaan Women20 (W20) dan G20 Empower, dimana isu pemberdayaan perempuan menjadi salah satu fokus Presidensi G20 Indonesia. Women20 dan G20 Empower merupakan 2 kelompok khusus yang mendiskusikan penguatan posisi dan isu kesetaraan bagi perempuan di Presidensi G20 Indonesia. Sebagai informasi, Kementerian PPPA merupakan mother ministry dari aliansi G20 Empower dan engagement group Women20.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan perempuan mempunyai potensi sangat besar dalam mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Presidensi G20 Indonesia menjadi kesempatan dan potensi untuk menghimpun dan memperluas dukungan semua pihak melalui kerjasama di tingkat global dalam pemberdayaan perempuan. “Keterlibatan peran perempuan dan kelompok marjinal menjadi perhatian utama dalam kepemimpinan Indonesia dalam G20,” ujar Bintang dalam Kick Off Ceremonial G20 Empower dan Women20 (W20), Rabu (22/12/2021)

Kemen PPPA menjelaskan Women20 (W20), merupakan Engagement Group G20 yang membentuk jaringan pemberdayaan perempuan untuk mendorong pengadopsian komitmen G20 dalam isu perempuan. Tujuan utama W20 adalah untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai bagian integral dari proses G20. Keanekaragaman dan partisipasi penuh sangat penting untuk mendorong ekonomi dan masyarakat yang tangguh, berkelanjutan dan layak, sedangkan sistem homogen menanggung risiko dan ketidakpastian.

Pemberdayaan ekonomi perempuan dengan demikian sangat mendasar bagi dunia yang makmur dan penting untuk pertumbuhan ekonomi, ekonomi yang stabil dan pembangunan sosial. Sedangkan, G20 Empower adalah Aliansi di dalam G20 untuk Pemberdayaan dan Kemajuan Representasi Ekonomi Perempuan bertujuan untuk mempercepat kepemimpinan dan pemberdayaan perempuan di sektor swasta. G20 Empower memiliki visi inklusif dan berorientasi aksi dengan model kemitraannya yang unik.

G20 Empower adalah satu satunya entitas G20 yang menyatukan lebih dari 60 pemimpin bisnis dan perwakilan pemerintah untuk mencapai tujuan bersama, kesetaraan gender. Sebagaimana diketahui, Presidensi G20 Indonesia telah dimulai pada 1 Desember 2021. Kementerian PPPA mengatakan, selama 2021, G20 Empower telah menggelar beberapa rangkaian kegiatan secara nasional lewat rangkaian webinar.

Tahun 2022, beberapa side event hybrid W20 akan berlangsung di sejumlah kota di Indonesia, seperti Batu, Likupang, Banjarmasin, dan Manokwari. Dengan menunjukkan upaya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di berbagai tempat di Indonesia, Grand W20 Summit akan berlangsung pada 27 hingga 29 Juli 2022 di Danau Toba, Sumatera Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.